Sehari Di Bengkel Pele (Boyolali), Peracik Jupiter Z Pele Di Drag Bike


ManiakMotor Pagi itu (Senin, 24/12) suasana kampung Tinawas sudah bikin berisik bin gaduh.  Anehnya, kuping warga kampung tersebut tak pernah risih dan terganggu dengan suara bising. Bahkan sesekali blar... blaarrr... blaaaaaaaarrr... plek-plek yang memekakan telinga. Bisa ditebak itu suara gerinda dan kenalpot free flow yang diiringi ketukan mesin  4-tak yang telah dikorek.

Kok bisa?  Karena suara-suara itu lah yang bikin terkenal kampug yang terletak di kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah atau 11 km dari kota Solo. Bahkan, ngetopnya hingga pelosok tanah air di trek lurus atau drag bike.Di bengkel sederhana ini lahir Jupiter Z Pele yang ngetop sebagai penantang FU Solo dan FU Kotroversi yang mesinnya lebih canggih. Di bengkel di pinggir kampung ini tim Pells Putra Pandawa alias Pells Racing, sekaligus markas komunitas Iblis Kedip. Hiii... seyem... 

Berarti  bengkel itu milik Muh. Arif Sigit Wibowo alias Pele. Namanya sama dengan Pele pesepak bola dari Brazil yang terkenal. Tapi itu beda dengan bahasa Ambon dan Manado soal menghalau alias pele. Pele yang ini piawai mengolah klep, kompresi, timing pengapian,  karburator dan kem.  “Dari kecil saya tak pernah memperkenalkan Pele dengan dunia motor. Tapi kemauan dan rasa ingin tahunya sangat tinggi,” jelas Susanto, ayahnya Pele yang pensiunan guru seni rupa yang ikutan nimbrung cerita di bengkel yang berdinding tripleks dan seng tersebut.

Singkat kata, lajang kelahiran 17 Januari 1980 telah menentukan olah karsa kencangan-kencangan roda dua, terutama drag bike. Prinsip presisi jadi mindset doi dalam berkarya. Makanya, walau bengkelnya sederhana dia punya alat untuk mempresisikan korekannya. Misalnya, satu mesin bubut, milling, las, dan mesin mengkopi kem. Biasanya bengkel-bengkel lain, lebih mengandalkan mesin bubut bayaran.

Dengan punya alat-alat sendiri, kinerja mesin-mesin tersebut bisa bisa dimaksimalkan dibanding minta bantuan pada yang lain. Ukuran-ukuran yang dimau bisa seirama dengan hati untuk mengarahkan pisau bubut, pisau milling, dan gerinda.   “Secanggih apa pun alat yang dimiliki, presisi itu tak akan pernah tercapai. Pabrik saja, ada nilai 0,02 persen toleransi kesalahannya, apalagi bengkel. Tapi harus yakin bahwa yang kita hasilkan juga sesuai harapan soal akurasinya,” yakin Pele yang mahir memainkan pisau bubut. 

Pele memang tak jual kecap, brosist juga tahu kalo Jupiter Z korekannya yang mampu bersaing dengan Satria FU150 di bebek tune-up 200 cc. Padahal khusus bebek 4-tak, Pele mengaku belum lama menekuni serius (sebelumnya fokus matik).  Pengalamannya sebagai joki Honda Prima penguasa trek lurus di sirkuit Tawang Mas, Semarang, awal  2002 faktor kecil pendukung olahannya.  Selebihnya, dia  tak sungkan bertanya pada senior korek mengorek dan kilik mengilik,  termasuk belajar pengusaan software programeble CDI yang jadi acuan saat ini.

Dibantu Umar dan Ali Maskuri semua data riset tercatat. Pastinya, bukan di daun pisang, bambu, rambutan, ketele yang memang tumbuh subur di sekeliling ‘padepokan’ Pele. “Pada 2013, beberapa sponsor siap mensupport, moga-moga semakin tertata rapi. Rencana pakai Hendra Kecil, Jhon Pells dua joki yang akan diikat kontrak,”bilang Pele sambil sodorkan ‘undangan’ launching tim ke maniakmotor.com dan semberi tunjukan rumah yang baru selesai direnovasi yang terparkir Honda Jazz RS IVTEC seharga Rp 225 juta sebagai jerih payahnya.

Wuihh…silakan kontak ke 08122971361 yang ingin kenal dari hati ke hati dengan Pele. Ardel

BERITA TERKAIT:

Modifikasi Jupiter Z Pele Drag Bike, Mesin Cetak Ulang, Penantang DOHC FU

Drag Bike Semarang, FU Di-KO Jupiter Z Pele..!

Drag Bike Tegal, FU Solo Merontokkan FU Kontroversi Dan Jupiter Z Pele

Jelang Dra Bike Tegal, Satria FU Kontroversi Vs Jupiter Z Pele, Passssti..!

Drag Bike Purbalingga (Hujan), Jupiter Z Penantang Satria FU ‘Kontroversi’ Hadir

Drag Bike Demak, ‘Kontroversi’ Satria FU 07.604 Detik!

 



Written by Admin

Adventure

Rally Dakar 2014: Rider Belgia Tewas di Etape 5
  ManiakMotor – Sudah banyak korban celaka di ajang reli gendeng yang bernama Dakar ini. Tapi, petualangan seru itu justru semakin ... Baca Selengkapnya

Grasstrack

Rally Dakar 2014: Rider Belgia Tewas di Etape 5
  ManiakMotor – Sudah banyak korban celaka di ajang reli gendeng yang bernama Dakar ini. Tapi, petualangan seru itu justru semakin ... Baca Selengkapnya

Motocross

Rally Dakar 2014: Rider Belgia Tewas di Etape 5
  ManiakMotor – Sudah banyak korban celaka di ajang reli gendeng yang bernama Dakar ini. Tapi, petualangan seru itu justru semakin ... Baca Selengkapnya