MotoGP 2013 Jerman; Ujian Paket M1 Rossi Di Sachsenring

 

ManiakMotor – Di atas kertas Valentino Rossi punya peluang di Sachsenring, Jerman. Alasannya gaya tarung Dani Pedrosa dalam tiga seri selalu kendur di akhir-akhir lap. Kedua, teman setim Rossi di Yamaha Factory Racing, Jorge Lorenzo bahunya belum sembuh total. Ketiga, hampir sama, Marc Marquez belum bisa beraktifitas berat akhir-akhir ini akibat cidera kelingking dan kaki yang berakibat pada latihan berat fisiknya harus ditunda beberapa hari untuk siap-siap di seri 8 MotoGP 14 Juli nanti.

Praktis menuju Jerman The Doctor yang paling sehat walafiat mental dan fisik untuk ukuran pembalap pabrikan. Jika tadi di atas kertas sekarang di atas angin, walau dia tidak menganut ilmu menunggang angin. Penting lagi, paket suspensi pun belum terlalu menantang soal urusan perpindahan bobot M1 di 13 tikungan Sachsenring yang 10 ke kiri dan 3 ke kanan dalam jarak 3.671 meter.

Pasti belum lupalah, paket lengan ayun dan suspensi depan M1 Rossi ditemukan saat test Aragon sebelum ke Assen. Sirkuit di Spanyol itu juga melawan arah jarum jam yang justru sudut-sudutnya menuntut perubahan distribusi bobot yang besar, karena banyak yang dari cepat diminta tutup gas yang bersamaan dengan pengereman deras.  “Sukses di Assen, harus dilihat lagi di seri-seri ke depan,” kata Rossi usai balap di Belanda. Maksudnya jangan terlalu berharap dulu bro, lihat saja nanti.

Flash File http://www.maniakmotor.com/images/IklanYamaha/yamahavixion.swf is not found

Sachsenring yang anticlockwize model sirkuit yang sebenarnya santapan Dani Pedrosa yang doyan miring kiri karena doski seorang kidal. Makanya Pedrosa sudah 4 kali juara di sini. Tapi kembali lagi pada konsistensi Pedrosa yang selalu melorot di akhir-akhir lap dengan alasan habis kompon.

Saya bukannya cari-cari alasan soal ban, kenyataannya memang begitu,” kata Pedrosa yang jadi andalan Repsol Honda Team usai balap di Assen. Berarti gaya atau memang motor Pedrosa yang settingannya terlalu menjejak trek, makanya karet rodanya cepat diampelas aspal. Toh cerita ban kan semua menggunakan merek sama.

Apa pun semua bisa terjadi. Karena akselerasi awal paling banyak dibutuhkan di sirkuit ini yang jadi unggulnya Honda terkini dengan SSG-nya. Maklum, Sachsenring adalah sirkuit sempit dengan lebar hanya 12 meter,  tersempit dari 8 sirkuit dilewati  tahun ini. Bukan hanya itu, catatan Honda di Sachsenring juga kinclong, 10 tahun terakhir, Honda 6 kali menang, 3 lainnya Yamaha dua kali lewat Rossi dan sekali Lorenzo. Satu lagi Ducati dari Casey Stoner.

Seperti ulasan tiga seri lalu M1 akan unggul di sirkuit yang tancap gas terus seperti tiga kemenangan berturut Mugello, Catalunya dan Assen. Di Sachsenring, selongsong  gas ini yang harus ditahan-tahan sikit, nggak pakai gas poll rem jangan sampai  blong, karena keluar tikungan motor cepat mendapati bibir lintasah. Nah, itu tantangan M1 Rossi, bukan lagi suspensi? “Bila motor konsisten seperti di Assen, peluang di depan selalu terbuka,” wanti Rossi walau katanya masih lihat-lihat tetapi ia sudah mendapatkan titik terang set-up 'standar' yang stabil untuk motornya.

Tunggu saja deh... Ito

BACA JUGA

MotoGP 2013: Sindir Ducati, Rossi Sudah Berani Target Menang

MotoGP 2013: Posisi Crutchlow Makin Penting, Dorna Siap Jadi Penyelamat

MotoGP 2013 Jelang Sachsenring Jerman; Wah... Marquez Ke Dokter Lagi

MotoGP 2013; Seleksi Asian Talent Bebas, Tidak Pandang Merek

MotoGP 2103 (Jelang Sachsenring): Head to Head Valentino Rossi vs Dani Pedrosa

MotoGP 2013: Crutchlow, Bradl, dan Bautista Duluan Jajal Trek Argentina

 

 


Written by Administrator