MotoGP Catalunya 2013 (Jelang): Pedrosa Mulai Sinis Kepada Marquez, Bisa Runyam Nih…

ManiakMotor – “Ia contek setingan motorku di Mugello dan itu yang bikin ia bisa cepat,” bilang Dani Pedrosa yang sempat ditekuk Marc Marquez di GP Italia lalu.

Selama ini komentar Pedrosa terhadap yuniornya di Repsol Honda itu selalu baik-baik. Tak ada nada permusuhan. Beda jelang perang di kandang bersama minggu depan, GP Catalunya di Sirkuit Barcelona. Pedrosa sepertinya mulai tak nyaman dengan kiprah Marquez yang mulai mengancam eksitensinya dalam tim maupun perjuangannya meraih gelar musim ini.

Itu bisa diartikan saat Pedrosa mengumbar rahasia tim kepada publik. Dalam wawancaranya dengan Radio Catalunya, Pedrosa menuding tim Marquez mengambil contekan set-up dari motornya sehingga bisa melaju cepat di Mugello. Marquez bisa melejit ke tiga besar dari start urutan keenam, hanya beberapa saat lepas start. Akhirnya, Marquez bahkan bisa menyalip Pedrosa sebelum juara dunia Moto2 itu kecelakaan di depan Pedrosa sendiri.

 Flash File http://www.maniakmotor.com/images/IklanYamaha/yamahavixion.swf is not found

“Performa Marquez saat balapan sungguh luar biasa setelah kecelakaan fatal pada sesi Jumat dan Sabtu. Tapi, saya tahu, mereka menyontek setingan motorku. Timnya memang diberikan akses untuk dapatkan semua informasi yang kami himpun pada Sabtu untuk meningkatkan daya cengkeram ban. Saya pikir itu pekerjaan yang lebih mudah dan sangat membantu mengatasi kelemahan yang mereka punya,” ujar Pedrosa.

Nah lho, bisa runyam nih kalau Pedrosa sudah umbar kata-kata bernada miring itu. Itu berpotensi menggulirkan perang dingin dalam tim sebagaimana terjadi dalam Repsol Honda musim 2008 antara Pedrosa dengan Nicky Hayden.

Saat itu Alberto Puig yang manajer Pedrosa bicara ketus soal tim Hayden yang bebas mengolah data lewat informasi dan telemetri yang dimiliki tim Pedrosa. Akses itu kemudian diputus. “Hayden mungkin lesu sekarang karena tak lagi bisa buka data telemetri milik Dani. Dengan data itu, ia selama ini bisa meningkatkan performa balapnya berkat referensi milik Dani,” cerocos Puig waktu itu pada MotoGP.com.

Rivalitas dan perang internal dalam tim bukan hal langka di MotoGP. Yang terbesar dan gampang dikenang adalah perselisihan Valentino Rossi – Jorge Lorenzo di Yamaha Factory Team musim 2010. Sedemikian sengitnya sehingga dibuatkanlah dinding pemisah antara kubu keduanya di garasi Yamaha.

Belum ada tanggapan dari tim maupun kubu Marquez. Tapi, itu jelas bikin tensi persaingan jelang race berikutnya di Catalunya makin panas. Terlebih, mereka akan tarung di depan publik sendiri.

Hmm, akan sejauh apa rivalitas Pedrosa dan Marquez ini berlangsung? Bisakah petinggi Honda meredamnya? Atau, bisakah Marquez meredam agresivitasnya atau malah makin menjadi-jadi setelah ‘diledek’ nyontek seperti itu? Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013: Rossi Susul Marquez Jadi Duta Lingkungan

MotoGP Catalunya 2013 (Jelang); Sebenarnya Sirkuit Favorit Rossi

MotoGP 2013: Capirossi Bicara Rossi, Marquez dan Biaggi

MotoGP 2013: Pegang Suzuki MotoGP 2014, Brivio Tak Tinggalkan Valentino Rossi


Written by Administrator