MotoGP Prancis 2013; Le Mans Target RC213V Selanjutnya, Dari Awal Incar M1 Rossi

 



ManiakMotor – Pengembangan Repsol Honda Team (RHT) tujuannya memang untuk jaya di sirkuit-sirkuit 'kecil' seperti Jerez. Itu motor minggu ini 19 Mei akan kembali dilepas di sirkuit serupa, Le Mans, Prancis, tempat seri 4 MotoGP 2013. Di Jerez Dani Pedrosa telah memperlihatkan motor yang anteng tanpa keluh-kesah soal ban, saking tenangnya tuh motor dipacu. Bahkan Marc Marquez bisa beraksi dengan gaya bebasnya pakai RC213V.

Sebelum datangnya Shuhei Nakamoto periode 2009 ke bawah, Honda hanya dikenal jago untuk putaran mesin tinggi dan dominan di trek-trek panjang. Nakamoto yang HRC Executive Vice President itu, mulai memoles dan  menggabungkan ilmu yang dibawanya dari F1 sejak ia datang, agar RC213V kuat putaran bawahnya. Salah satu yang berhasil ia cangkok adalah Seamless Shift Gearbox (SSG) pada 2010 yang ia coba di tim-tim satelit Honda dan mulai yakin dipasang pada pabrikan 2011. SSG sampeyan sudah baca berkali-kali di portal ini fungsinya perbaikan akselerasi dini.  

SSG yang membuat reduksi tanpa jeda, halus dan muyus bagian dari kata Nakamoto perombakan kecil-kecilan namun bertahap dan terus-menerus. Puncaknya tentu saja pada Juni 2012, SSG disatukan dengan karakter mesin dan sasis yang total baru. Itulah karya Nakamoto paling asli di RC213V. Saat itu langsung diuji di Laguna Seca yang sirkuitnya mirip-mirip Le Mans dan Jerez yang pendek-pendek.

Tetapi saat itu juga pembalap utamanya, Casey Stoner menolak sasis aluminium twin-tube anyar dan lebih butuh mesin yang sudah oke bersama SSG. Sedang Dani Pedrosa menerima dua-duanya dan membuatnya 6 kali menang dalam sisa seri 2012 dan sudah tak pandang bulu sirkuit kecil dan besar. Pokoknya semua bulu dicukur RC213V Pedrosa.

Nah, seharusnya para khalayak mulai curiga di sirkuit Austin yang rumit, tapi dua RC213V tanpa hambatan. Austin gabungan panjang-pendek dan lebih banyak pendek. Pasti juga akan merepotkan musuhnya masuk ke Jerez dan selanjutnya ke Le Mans yang juga sirkuit 'kecil'.   

Pedrosa baru lalu menyatakan ingin juara di Le Mans.  Memang sih nggak ngomong blak-blakan dan sesumbar. Modalnya RC213V yang unggul di sirkuit kecil Jerez. “Saya berharap seperti ini (Jerez) di seri berikutnya. Selalu dikatakan Le Mans seperti Jerez adalah sirkuitnya Yamaha. Tapi tim telah menguji dan mengembangkan setiap item part pada RC213V sesuai sirkuit yang dituju, termasuk Le Mans,” jelas Pedrosa usai menang di Jerez dalam website HRC. Itu kan sama saja ingin menang di Prancis, apalagi di sirkuit ini Pedrosa kebanyakan jadi penonton lawan dan temannya naik podium pertama.   

Nakamoto diundang ke HRC awalnya memang untuk mematahkan dominasi Valentino Rossi dengan M1. Saat itu Rossi sangat kuat pada karakter sirkuit Jerez dan semacamnya. Sayang, di saat Nakamoto datang ke HRC, mulai gonjang-ganjing Rossi akan kabur ke Ducati. Begitu Rossi balik lagi ke M1 3013 ini, Nakamoto sudah punya senjata di sirkuit kuasaan M1. Tiga pula andalannya selain RC213V, Pedrosa yang mulai sangat kenal karya Nakamoto, dan Marquez tukang acak situasi dan termasuk nanti di Le Mans? Ito

BERITA TERKAIT:

MotoGP 2013 Le Mans Prancis; Basah Dan Kering Valentino Rossi Oke, Lebih Baik Dingin..?

MotoGP 2013 Le Mans Prancis (Jelang); 10 Tahun Terakhir 6 Kali Hujan, Kering Banyak Yamaha

MotoGP 2013 Jelang Le Mans: Persiapan Total, Pedrosa Ingin Gelar Perdana di Prancis

MotoGP 2013 Jelang Le Mans Prancis: Pakai M1, Rossi Melawan Teori

MotoGP 2013: Serang Espargaro, Crutchlow Pertanyakan Kebijakan Yamaha

MotoGP 2013 Jelang Le Mans Prancis; Lorenzo Olah Fisik Keras, Buat Siap-Siap..!

 



Written by Administrator