Modifikasi Yamaha Scorpio (Jakarta), Retro Kawasaki W400

ManiakMotor - Rangka double cradle ditonjolkan lewat permainan custom pipa, karena memang konsepnya adalah retro. Tangki bagian dari konsep, sepatbor, sok, pokonkya macam-macam yang terkait satu sama lain. Tetapi tidak menghapus ciri Yamaha Scorpio 2008. Bagi pemodifnya, konsep hanya sebatas acuan, tidak lebih dan tidak kurang. Katanya, dunia modifikasi motor pakai emosi untuk menghasilkan karya yang penuh estetika.  Tapi jangan terlalu emosian bro, nantinya lu jadi hantam kromo. Menurut brosist gimana?

Bah, pintar kali cakap orang itu. Siapa yang modif, terus konsep motor apa, bicara dong kau? “Saya Mas Topo Goedhel Atmodjo, saya juga yang memodif motor ini, tapi dikembangkan lagi estetika retronya. Konsepnya motor Kawasaki W400 turunan W650, tau nggak loe,” kata pemodif dari Tauco Custom di Kebagusan, Jakarta Selatan. Wah, jangan galak getu, dong. Portal ini kan datang baik-baik dengan penuh hormat dan cinta kasih pada Mas Topo. “Ya, retro pada W400 dan W650. Masih belum tahu, juga. Makanya belajar!”  

Iya, ya, ya, Mas! Tapi, Mas Topo ini bicara retro, apa itu maksudnya, Pak, eh Mas, Po?  “Retro itu kembali pada era 1960 ke atas,” kata Mas Topo yang agak melembut tekanan suaranya. Maksudnya di tahun itu W400 dan W650 diproduksi. Modifikasinya oldstyle. Butuh ketelitian yang disebut detil agar dari depan sampai belakang konsisten berciri era kuno itu. Jok tebal dengan garsi-garisnya, rangka pipa bulat yang kaku, lampu depan bulat dan belakang kotak,  adalah ciri retro.

Simpel memang modifikasinya untuk ukuran Mas Topo. Ya, dia sehari-hari pegang gerinda dan palu, bro. Sementara penulis dan brosist tahunya hanya menulis dan membaca. Lihat saja, hanya bodi fiber dilepas semua. Lalu mengejar dimensi modif. Sebab, W400 itu mesinnya twin, beda dengan silinder tunggal dan tegak macam Scorpio ini.

Supaya detil klasiknya dapat, konstruksi sasis belakang dibuat flat dengan cara bongkar sub frame. Kan mengganti konstruksi monosok. Sasis bagian ini  diganti  pipa ¾ inci  yang dirol lewat pemanasan api las. Maksudnya dipanaskan untuk menekuk pipa, itu yang disebut alat roll manual. Tapi tetap butuh kawat mal sebagai panduan membengkokan pipa.

Menyambungnya gimana Mas, “Haduuuh, kalau bertanya itu sekalian. Ganggu orang bekerja saja sih.  Rangka besi itu dipotong model tebas bambu, pipanya juga seperti itu. Supaya sambungan dari las listrik itu kuat, begitu tekniknya. Ayo mau tanya apa lagi, saya itu juga hobi menulis kaya loe,” tambah Mas Topo. Kalau gitu ya tulis sendiri dong, hehehe becanda.

Sebelumnya panjang tulang belakang ini sejajar ujung swing arm Thunder 125. Nyambung dengan dual shock milik Bajaj Pulsar. Tapi pasang arm itu harus ke tukang bubut dulu, untuk dibos penuh. Iya, kan penyesuaian ke as standar Scorpio. Ya sekalian deh as teromol belakang mengikuti.

Selanjutnya tangki. Ah... ngopi dulu enak nih, sayang nggak disediakan kopi oleh Mas Topo. Langsung cerita lagi, tangki bahan bakar setengah bulan dan kotak yang kuno itu dari pelat galvanis 0,8 mm.  Galvanis itu ada anti karatnya. Proses bikin tangki mempertimbangkan model engine, agar mesin Scorpio terlihat vocal. Maksudnya mesin kelihatan besar, macho bin ganteng. Estetika kepadatan antara mesin, rangka, dan tangki diraih pada bagian ini.  Adib.

MODIFIKASI LAINNYA:

Modifikasi Binter Merzy (Jakarta), Ini Bukan Chopper, Tapi Bingky Style

Modifikasi Yamaha New Vixion 2013 (Jakarta), Bukan Naked Bike, Tetap Hi Brooo..!

Modifikasi Kawasaki New Ninja (Jakarta), Konsep ZX

Modifikasi S&S Super Stock 1.600 cc (Jakarta), Cory Ness Style..!

 

 

Data Modifikasi

Ban depan                                          : Bridgestone 110/70-17

Ban belakang                                     : Bridgestone 150/70-17

Pelek depan                                       : TK 17x2.15

Pelek belakang                                 : TK 17x4.25

Sok depan                                        : Byson full set

Sok belakang                                     : Bajaj Pulsar

Arm                                                 : Thunder 125

Knalpot                                            : Tauco Custom

Lampu depan                                    : Thunder 250

Lampu belakang                               : Yamaha RX-King

Spion                                              : Variasi

Jok                                                 : Custom

Tauco Custom                                 : Jl. Kebagusan Raya No.99, Jakarta Selatan

                                                        Telp : 081288534865 / pin bb 294e9df8


Written by Administrator