Modifikasi Motor; Suzuki TS, Semakin Trail

 

Maniakmotor - Suzuki TS makin trail. Ssst… tuh motor memang trail, bro. Tapi ini pakai kaki special engine, jadinya tambah trail, dong.  Kan SE biangnya trail. Jadinya TS ini merajalela trabas sana-sini macam lembah sungai dan bajir, sikat. Nyaman  juga untuk garuk tanah. Mau tanah liat, gembur, becek, sampai tuan tanah dan bau tanah. Ayo!

Apalagi hanya trek petualangan, hummeces. Tapi, tetap hati-hati, pak. Hobi sih, hobi, tetap ingat anak istri di rumah. Mereka terus  menunggu. “Tenang, kaki-kakinya empuk dan kuat. Kokoh untuk medan adventure,” jamin Iman Tjangkar, pemilik dan pengendara TS brojolan 2002. Artinya dia akan  tetap pulang ke rumah, anak istri tidak perlu ragu.

Pak Tjangkar yang bukan penangkar buaya. Hehehe, tapi dia pawangnya bengkel Angkasa Raya Motor di Bandung, Jawa Barat. Pahamlah menangkar, eh, memermak kaki TS. “Semua tipe kaki SE, sama saja. Nyaman di tanah,” ujar Ko Iman, begitu ia biasa disapa.

Trail kawin dengan trail, mudah aplikasinya. Macam lengan ayun Yamaha YZ, simpel memasangannya. Yang mengerti dikit pasang-memasang, pasti akan keringatan. Hanya melakukan penyesuaian bos arm dan rumah as lengan ayun TS. Kalau ragu, kasih aja keahlinya. Nah,itu mungkin tidak keringatan.

Persendian tungkai tangan dan kaki pengendara, tetap santai ikuti ayunan motor. Dalam posisi berdiri saat libas trek kribo, persendian tetap santai. Kan persendian bagian dari suspensi. Ah, yang benar? O, iya itu kalau crosser profesional sedang bertanding. Sementara, bagi amatir pantat seperti dilem di jok milik CR85. Kan hanya pehobi. Bukan crosser. “Peredam kejut belakang milik Honda CR85. Walau, lengan ayun YZ, tapi konstruksinya hampir sama,” kata Pak Imam, sembari menghidupkan mesin TS-nya untuk dicoba ManiakMotor.Com.

Sudah, sudah Pak! Kita gak mau coba kok. Hanya  menulisnya. Nanti aja kalau ManiakMotor banyak diklik pembaca, pasti kita sudah punya asuransi. Untuk sementara, belum dulu deh pak. Takut jumpalitan pak.

Kaki Honda SE emang teruji memanjakan urusan keempukan. Jangan membayangkan empuknya bantal tidur. Empuk untuk motor garuk tanah, hanya mereka yang hobi dan crosser yang tahu artinya empuk.

Suspensi depan dari CR85 juga empuk. Sokbreker upside downini bikin setang setir tidak gampang oleng. Tak peduli jalan bergelombang, suspensi enak aja menangkisnya. “Pegangannya atau segitiganya (triple clamp) bikinan sendiri lewat CNC Custome,” promosi Pak Imam yang mengaku segitiganya dikerjakan di bengkelnya. (Ka-JP)

MODIFIKASI LAIN:

Modifikasi Kawasaki KLX 150, Model D-Tracker, Cuma Variasi

Modifikasi Thunder 250, Klasik Manis..!

Modifikasi Kawasaki D-Tracker, Semua Medan Diterjang

Modifikasi Honda CB 100, Jerman Abis, Bro!

Modifikasi Honda GL 100, Mini Chopper Titisan Empu Kediri

Data Modifikasi

Ban depan                   : Maxxis 731  80/100-21

Ban Belakang              : Maxxis 7312 110/100-18

Setang                         : Renthal

Knalpot                       : FMF V3

Jok                               : Custome

Pelek depan                 : Takasago Excel 21

Pelek Belakang           : Takasago Excel 18

Step                             : Yamaha YZ

Standar Samping         : KTM

Gas Spontan                : Domino

Cover Body                : Yamaha YZ (Limited Edition)

           

 

Alamat Work Shop

Jl. Raya Cimindi 111/115 Bandung

Tlp 08122117354/02291239505


 

 

 

 


Written by Ka-JP